Selasa, 07 Agustus 2012

Wali Murid Bisa Pantau Kehadiran Siswa


 TASIK - Untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan, SMPN 11 Kota Tasikmalaya terus berinovasi positif. Antara lain dengan menambah sarana penunjang pembelajaran berupa absensi elektronik yang dilaunching kemarin (6/8).

Kepala SMPN 11 Kota Tasikmalaya, Drs H Dadang Abdul Patah MM menjelaskan, pengadaan fasilitas itu untuk meningkatkan disiplin melalui absensi kehadiran para siswa dan guru. Selain itu untuk memudahkan pihak sekolah mengelola berbagai data pendidikan khususnya kegiatan belajar mengajar.

Peralatan tersebut, lanjut Dadang, memudahkan dalam menyampaikan informasi kepada wali murid. Pasalnya alat tersebut mampu mengirimkan informasi langsung kepada wali murid dengan sistem SMS Gateway. “Selain itu dengan adanya alat ini sebagai bentuk tanggung jawab kepada orang tua siswa atau wali murid untuk menyampaikan data kehadiran, nilai siswa dan data siswa secara keseluruhan termasuk prestasi siswa baik akademik maupun non akademik yang disampaikan secara berkala kepada orang tua siswa langsung kepada handphone-nya. Cara kerjanya nanti kami akan meminta nomor telepon untuk bisa menerima sms tersebut,” ujar Dadang.

Peralatan absensi elektronik tersebut, sambung Dadang, sebanyak empat buah. Penggunaannya dilakukan sebelum belajar mengajar dan berakhirnya jam kegiatan belajar mengajar. “Dilakukannya (pengabsenan elektronik, red) tiap hari yaitu sebelum pukul 07.00 dan diakhir KBM pada pukul 14.00 WIB. Alat ini kan menggunakan sidik jari jadi tidak akan bisa dipalsukan. Selain itu alat ini mulai diberlakukan minggu ini dengan menyosialisikan dulu. Jumlah alatnya ada empat buah mesin, tiga buah untuk siswa sesuai jenjangnya dan satu buah untuk guru. Sedangkan pengadaan alat ini bersumber dari sumbangan orang tua siswa,” tandasnya.

Dadang berharap terobosan tersebut dapat meningkatkan motivasi siswa dan guru. “Dengan alat ini semuanya akan terdata melalui jaringan komputer. Jadi diharapkan motivasi siswa maupun guru akan meningkat terutama motivasi untuk datang lebih awal, tidak bolos, tidak pulang sebelum jadwal,” harapnya.

Salah satu guru SMPN 11 Kota Tasikmalaya, Hj Afi Endah Navilah MPd, mengapresiasi pengadaan teknologi tersebut. “Ini merupakan terobosan bagus dan sangat postif karena tidak semua sekolah menggunakan alat ini. Selain itu bagi guru sebagai pengenalan teknologi canggih juga. Mudah-mudahan menjadi motivasi bagi guru dan siswa untuk datang dan pulang sesuai jadwal,” ungkapnya.

Deni Riswan Kamil, salah satu siswa SMPN 11 Kota Tasikmalaya dengan adanya teknologi absen itu makin termotivasi untuk belajar. “Saya menyambut baik adanya absensi elektronik. Kami khususnya saya jadi lebih giat belajar,”  tuntasnya. (shendy)

SHENDY BOY TRI DONI/ XPRESI NEWS

Sumber www.radartasikmalaya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar